13/04/2021

Disini Saja

Disini Saja

Tips Aman Naik Pesawat saat Pandemi

Bepergian ke luar rumah selama pandemi kini membuat khawatir banyak orang karena takut tertular virus corona, termasuk naik pesawat.

Alasannya, adanya ruang tertutup di dalam pesawat terbang dengan penggunaan AC yang maksimal, diharapkan dapat meningkatkan risiko penularan.

Namun, ada beberapa tips bagi Anda yang belum pernah bepergian lewat udara agar terhindar dari virus corona yang dilansir Smart Traveller.

1. Pakai masker terbaik

Masker kain sangat bagus untuk berbelanja di supermarket atau di mana pun. Namun, jika Anda sudah lama berada di pesawat bersama orang lain, inilah saat yang tepat untuk melakukan yang terbaik.

Jenis yang sebaiknya digunakan yaitu N95, N99 dan masker bedah umumnya lebih efektif memblokir virus dibandingkan masker kain buatan sendiri. Ingat, sebagian besar maskapai penerbangan telah melarang masker berventilasi karena tidak mencegah penyebaran kuman.

Anda mungkin juga ingin memakai masker wajah atau kacamata pengaman untuk mencegah tetesan masuk ke mata Anda.

2. Rencanakan rute Anda ke dan dari bandara

Sebelum pandemi, Anda akan naik transportasi umum ke bandara untuk menghemat uang.

Sekarang Anda perlu mempertimbangkan jarak sosial dan keamanan. Putuskan apa yang membuat Anda paling nyaman dan buat rencana. Saat bepergian secara online, selalu kenakan masker, bersihkan tangan Anda sebelum dan setelah keluar, dan buka jendela agar udara segar masuk saat Anda bepergian.

3. Cuci atau desinfeksi tangan Anda sesering mungkin

Cuci tangan seharusnya sudah menjadi kebiasaan sekarang. Sering-seringlah mencuci tangan saat bepergian dan bawa hand sanitizer untuk digunakan di pesawat. Saat ini, peraturan maskapai penerbangan mengizinkan penumpang untuk membawa pembersih tangan dalam kontainer hingga 12 ons (terbatas satu per penumpang).

4. Makan Sebelum Anda Terbang

Anda mungkin diizinkan untuk melepas masker untuk makan dan minum di bandara atau di pesawat, tetapi Anda menempatkan diri Anda dan orang lain dalam risiko jika melepas masker.

Usahakan makan dan minum sebelum berangkat agar Anda tidak perlu makan saat bepergian. Jika perjalanan jauh dan tidak memungkinkan, Anda dapat membawa bahan makanan sendiri. Selain itu, banyak restoran dan toko bandara saat ini tutup, dan layanan makanan dan minuman di dalam pesawat dan di bandara telah dikurangi atau dihentikan.

5. Pilih maskapai dan maskapai Anda dengan bijak

Beberapa maskapai penerbangan memblokir kursi tengah mereka sementara yang lain menjual 100 persen kursi mereka saat mereka bisa. Daftar ini berisi pedoman untuk setiap maskapai penerbangan. Cobalah terbang dengan perusahaan yang menawarkan lebih banyak ruang di antara penumpang.

Pertimbangkan untuk terbang di luar jam sibuk (mis. Dini hari atau larut malam), yang biasanya tidak terlalu ramai, dan lihat peta kursi untuk penerbangan Anda Jika penerbangan tampaknya lebih padat daripada yang Anda rasa nyaman, banyak maskapai penerbangan mengizinkan Anda mengubah penerbangan menjadi penerbangan kosong secara gratis.

6. Bersihkan kursi Anda

Jangan terbang tanpa kain pembersih. Sebelum Anda duduk, seka kursi, sandaran kepala, gesper sabuk pengaman, layar hiburan sandaran, sandaran tangan, dan meja baki.

7. Boarding terakhir

Hindari keramaian saat mengemudi. Coba boarding terbaru. Ini menghindari kemungkinan Anda berada dalam kontak dekat dengan orang lain saat berdiri dalam antrean atau berjalan di koridor pesawat.

Anda membutuhkan daftar agen tiket pesawat atau bahkan bisnis tiket pesawat online gratis? Yuk dapatkan segera hanya di eticket.id saja.