12/04/2021

Disini Saja

Disini Saja

Tips Memilih Influencer untuk Promosi Bisnis Online

Baru-baru ini, influencer media sosial telah memberikan pengaruh yang sangat besar pada dunia bisnis. Penggunaan layanan influencer endorsement untuk keperluan periklanan banyak diminati para pebisnis karena jumlah pengguna media sosial khususnya Instagram yang cukup tinggi.

Influencer yang populer dengan jumlah followers yang banyak di media sosial tentunya dapat mempromosikan suatu produk dalam waktu yang singkat, dan toko online perlu bersiap-siap menghadapi banjir pesanan.

Meski begitu, tentunya tidak semua influencer cocok untuk memasarkan produk yang Anda jual. Untuk itu sangatlah penting untuk memilih influencer yang tepat agar tujuan pemasaran perusahaan dapat tercapai dengan baik.

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih influencer untuk memasarkan bisnis Anda secara online.

1. Periksa keaslian pengikut

Tujuan utama Anda saat menggunakan layanan influencer tentunya untuk meningkatkan penjualan. Anda membutuhkan pelanggan baru dalam bisnis ini. Ini hanya dapat dicapai dengan baik jika Anda menggunakan layanan influencer yang memiliki pengikut nyata dan cocok untuk perusahaan Anda.

Jangan dipilih oleh influencer dengan banyak pengikut yang hanya terdiri dari akun palsu yang tidak dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Sangat penting untuk mengecek keaslian pengikut influencer agar Anda tidak tertipu oleh pengikut palsu yang tidak aktif. Anda dapat melakukan penelitian dengan memilih sampel acak dari 20 hingga 50 akun, lalu meninjau akun satu per satu.

Jika akun tersebut jarang dipublikasikan atau tidak dipublikasikan sama sekali, kemungkinan besar itu palsu. Anda juga dapat melihat ini dari jumlah suka, tetapi tidak banyak komentar.

2. Banyak penggemar atau pembenci

Pengikut influencer tidak selalu berubah menjadi penggemar. Trailer ini juga bisa berisi sejumlah haters yang dibenci. Ini harus menjadi perhatian Anda sejak awal.

Jangan sampai tujuan Anda mempromosikan bisnis melalui akun influencer berantakan hanya karena jumlah haters jauh di atas jumlah penggemar.

Umumnya, pembenci meninggalkan komentar negatif di setiap kesempatan, yang pasti akan merugikan bisnis Anda.

3. Perhatikan kualitas konten yang disajikan

Kualitas konten yang ditampilkan oleh influencer juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Jangan pilih influencer yang hanya bisa membuat konten sembarangan. Konten seperti itu tidak akan memenuhi tujuan periklanan Anda dengan baik.

Pastikan Anda memilih influencer yang berpengalaman dalam membuat konten berkualitas. Selain itu, Anda dapat berbagi ide atau bahkan membuat konten promosi untuk perusahaan. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan konten yang tepat dan kualitas yang maksimal.

4. Pilih anggaran yang sesuai

Layanan influencer ternama memang menguntungkan untuk digunakan, namun tentunya harus mengeluarkan budget yang besar. Semakin dikenal seorang influencer, semakin tinggi tarif yang akan diterapkan.

Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan layanan influencer seperti itu, apalagi jika Anda tidak memiliki anggaran yang minim. Pilih influencer yang suku bunganya sesuai dengan budget iklan Anda sehingga keuangan perusahaan Anda tetap aman dan tidak bermasalah. Namun, tetap pilih influencer terbaik.

5. Sudah memiliki banyak platform

Walaupun influencer umumnya aktif di Instagram, ada kemungkinan mereka juga memiliki akun di platform lain seperti Facebook atau blog pribadi. Anda mendapatkan keuntungan dari memilih influencer yang sudah memiliki banyak akun seperti itu, karena aktivitas promosi yang Anda lakukan dapat langsung dilakukan di beberapa platform pada waktu yang bersamaan.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat menghemat biaya, tetapi juga menjangkau pasar yang lebih luas dengan lebih leluasa. Gunakan jasa influencer yang sudah aktif di beberapa platform secara bersamaan agar aktivitas periklanan Anda bisa berjalan maksimal.

Baca artikel menarik lainnya di kargoku, dengan url lengkapnya di https://kargoku.id yuk kunjungi juga situs tersebut untuk ulasan menarik lainnya.