Memelihara burung kenari jadi sebuah selingan tertentu dari kelompok penggemar burung kicauan, karena kicauan yang bisa dikeluarkan oleh burung itu benar-benar cantik dan bervariasi irama kicauannya, hingga nikmat di dengar untuk yang mendengarkannya.

Sebelum lanjut artikel tentang Perawatan Burung Kenari Agar Rajin berkicau, Sekedar kami informasikan:

Bila anda mau tau atau ingin mendapat vitamin burung terbaik kunjungi website vitamin burung.

Selainnya kicauan yang cantik, burung kenari mempunyai daya magnet yang lain, yaitu warna bulu-bulunya yang eksotis, di mana terdapat beberapa macam burung kenari yang mempunyai bulu-bulu yang cantik sesuai macamnya.

Untuk yang tertarik untuk memiara burung kenari, seharusnya kenali lebih dulu mengenai langkah perawatannya, karena sangat sayang bukan, apabila sudah telanjur beli burung kenari itu, justru terurus secara salah, yang mengakibatkan burung jadi sakit dan mati karena itu.

Watak Burung Kenari

Saat sebelum menerangkan mengenai langkah menjaga burung kenari, sebaiknya ketahui mengenai watak dasar burung kenari, karena dalam soal perawatan burung kenari, perlu memerhatikan personalitasnya, supaya burung dapat nyaman saat di rawat.

Tiap tipe kenari mempunyai kelebihan masing-masing tiap macamnya, tetapi pada intinya, burung kenari mempunyai watak yang serupa, misalnya:

Tidak gampang depresi

Walau dirawat dalam sangkar oleh pemiliknya, burung kenari tidak gampang depresi, hingga sejak dahulu sampai saat ini banyak beberapa Kicau Mania memiara burung ini

Petarung

Kenari mempunyai watak petarung, di mana saat menyaksikan kenari yang lain disekitaran tempatnya tinggal, karena itu kenari itu akan berkobar semangatnya untuk berkicau

Gampang naik birahi

Kenari mempunyai watak yang gampang naik birahinya, dan umumnya dikarenakan oleh penjemuran yang berlebihan, kenari jantan menyaksikan kenari betina dan skema pemberian pakan yang kurang pas

Gampang menyesuaikan

Gampang untuk menyesuaikan sekalinya peralihan lingkungannya mencolok, hingga kenari gampang untuk di jinakan

Langkah Pilih Burung Kenari

Pilih burung kenari menjadi satu diantara langkah yang perlu dilaksanakan untuk ketahui burung kenari itu mempunyai kualitas yang bagus atau mungkin tidak.

Untuk pilih burung kenari, tentukan burung kenari dengan ciri-ciri berikut :

  • Mempunyai selera makan yang bagus dan gesit, karena mengisyaratkan burung mempunyai kesehatan dan psikis yang bagus
  • Paruhnya tebal, pangkalnya lebar, besar dan panjang
  • Lehernya berisi dan padat, karena burung dapat keluarkan power suara yang bagus
  • Sayapnya mengapit rapat
  • Cengkeraman kakinya kuat
  • Pilihlan jantan, karena suaranya lebih kuat dan keras
  • Makanan Burung kenari

Makanan yang berkualitas dengan jatah yang pas, burung kenari bisa menjadi sehat dan membuat jadi rajin untuk berkicau.

Banyak tipe makanan yang dapat diberikan pada burung kenari, apabila ingin beli pakan burung kenari, dapat membeli di kios burung.

Dan untuk pakan burung kenari tersebut, diantaranya :

  • Telur semut/kroto
  • Beberapa bijian : Biji niger, biji sawi, milet putih, milet merah, canary seed dan beberapa bijian yang lain
  • Sayur : kol, wortel, kubis, sawi

Telur puyuh rebus

Perawatan Harian Burung Kenari

Sesudah mengetauhi mengenai watak kenari, langkah pilih sampai ketahui pakan apa yang dicintai oleh burung itu, hal yang seterusnya dilaksanakan ialah lakukan perawatan.

Menjaga kenari memang seharusnya dilaksanakan tiap hari, entahlah itu burung kenari lomba atau burung kenari dipelihara sebagai selingan rumah.

Mandi dan jemur

Tiap pagi hari, burung kenari di taruh di luar rumah dan di gantang di lokasi yang sejuk untuk di angin-anginkan.

Dan saat jam 07.00 burung dimandikan lalu kenari di jemur sampai bulu-bulu basahnya kering kembali, sepanjang 1 – 2 jam lama waktunya.

Tetapi, saat menjemur burung kenari seharusnya dilaksanakan di bawah jam 11.00, karena melalui dari jam itu mataharinya terlampau terik dan buruk untuk burung kenari.

Pemasteran Burung Kenari

Pemasteran sebagai proses evaluasi burung belajar berkicau melalui dengarkan suara burung kenari yang lain telah bagus, entahlah itu memakai burung kenari yang telah gacor langsung dengan menggantang di dekat kenari yang hendak di master atau memakai suara Mp3 yang di putar lewat handphone.

Info lainnya kunjungi jual vitamin burung

By nasya