Tips Mudah Menjaga Data Pribadi Versi CTO Dicoding

Takut, takut, dan panik! Ketika Anda mendengar bahwa data pribadi Anda telah bocor ke tangan pihak yang tidak bertanggung jawab, mungkin ini yang Anda pikirkan. Apalagi saat ini, hampir semua data pribadi bisa diakses dan dimasukkan secara online.

Tapi bagaimana kita mencegah data pribadi kita bocor? Apakah jalannya sulit? Jangan khawatir, di sini CTO Dicoding akan memberi tahu Anda sebuah rahasia agar data pribadi Anda tidak bocor ke orang jahat.

Memeriksa email atau nomor telepon

Langkah pertama adalah memeriksa email atau nomor telepon Anda di situs web Have I Being Pwned. Situs web ini dapat membantu Anda memeriksa apakah data pribadi Anda telah bocor. Anda juga dapat memeriksa berapa kali data Anda telah disusupi dan berapa kali telah dibagikan ke situs non-kredensial.

Mengganti Kata Sandi Secara Rutin

Langkah selanjutnya adalah mengubah kata sandi. Mengapa kita perlu mengubah kata sandi secara teratur? Mengubah kata sandi Anda secara teratur dapat meningkatkan akun Anda. Jika akun Anda kuat, maka data yang Anda miliki juga aman. Ini wajib bagi mereka yang akunnya telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan mengubah kata sandi Anda, Anda dapat mengurangi kemungkinan pihak tersebut akan mengakses akun Anda lagi, karena pihak tersebut dapat mengakses akun Anda beberapa kali. Ganti kata sandi dengan kode yang cukup panjang yang mencampur huruf kapital dan angka. Semakin panjang dan unik kata sandi yang Anda buat, semakin aman data Anda.

Jika Anda memiliki banyak akun, coba gunakan “Pengelola Kata Sandi” untuk menyimpan kata sandi dan informasi akun. CTO Dicoding memiliki pengelola kata sandi terbaik yang pernah ada, aplikasi Bitwarden.

Bitwarden

Bitwarden adalah aplikasi yang digunakan sebagai pengelola kata sandi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tujuan Bitwarden sendiri adalah untuk mengelola kata sandi dan informasi di akun Anda dari mana saja. Aplikasi ini sudah mendukung fungsionalitas lintas platform, memungkinkan Anda untuk menggunakan Bitwarden dari perangkat lain, seperti smartphone. Bitwarden juga mendukung enkripsi ujung ke ujung untuk membuat kata sandi dan informasi pribadi lebih aman.

Bitwarden juga memiliki fitur yang sangat baik, yaitu Bitwarden dapat membuat kata sandi yang aman untuk akun Anda. Oleh karena itu, jika Anda memiliki banyak akun, Anda dapat menggunakan Bitwarden untuk mengelola akun Anda. Misalnya, ganti kata sandi Anda setiap bulan untuk memperkuat akun Anda, dan Anda dapat memantau aktivitas akun Anda.

Menggunakan Two-Factor Authentication

Menurut Investopedia, otentikasi dua faktor adalah sistem keamanan yang memerlukan dua jenis otentikasi yang berbeda untuk mengakses konten tertentu. Anda dapat menggunakan otentikasi dua faktor untuk memperkuat keamanan akun Anda.

Berasal dari Authy, otentikasi kedua dalam otentikasi dua faktor memiliki beberapa kategori. Berikut adalah beberapa kategori tersebut:

  • Something You Know

Kategori pertama adalah tentang hal-hal yang hanya Anda yang tahu, seperti nomor identifikasi pribadi (PIN), kata sandi, jawaban atas pertanyaan, atau pola tertentu. Dengan kata lain, apa yang Anda ketahui merupakan faktor yang dapat Anda temukan dengan mudah karena Anda dapat mengelolanya.

  • Something You Have

Kategori selanjutnya adalah tentang apa yang Anda miliki, dan contoh paling umum adalah otentikasi menggunakan kode one-time password (OTP) yang dikirimkan ke ponsel cerdas Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa upaya login dilakukan oleh Anda.

  • Something You Are

Kategori terakhir adalah tentang karakteristik Anda. Pada kategori ini, verifikasi identitas dilakukan melalui keamanan biometrik seperti sidik jari, pengenalan wajah, dan pemindaian iris mata. Bisa dibilang jika Anda menggunakan kategori ketiga ini, akun Anda sangat aman karena otentikasi biometrik akan sulit untuk dimanipulasi.

Nah itulah tiga teknik penyimpanan data menurut CTO Dicoding. Semoga melalui ketiga teknik di atas, Anda akan tahu bagaimana melindungi data Anda dari pihak yang tidak bertanggung jawab. apa yang kamu tunggu. Perbarui keamanan data Anda segera sebelum terlambat.

Sumber : https://majapahit.id/