Secara umum, tugas Brand Manager adalah menyusun secara keseluruhan brand image, jadi dari bagian awal sampai bersama dengan bagian evaluasi, sehingga menyebabkan product atau fasilitas perusahaan bisa keluar tidak serupa bersama dengan kompetitor lainnya dari digital agency jakarta.

Seorang Brand Manager bertanggung jawab untuk menegaskan munculnya kesan positif pada brand yang diluncurkan oleh perusahaan tersebut. 

 

Berikut ini sebagian job desk Brand Manager:

1. Melindungi Brand atau Merek

Dalam melindungi brand atau merek, seorang Brand Manager bertugas melindungi brand dan juga bertanggung jawab untuk menegaskan bahwa product maupun lini produk, dan juga fasilitas yang termasuk di dalam brand dagang perusahaan tersebut bisa beresonansi bersama dengan para pelanggan setia maupun calon pelanggan.

 

2. Bekerja Sama bersama dengan Berbagai Bidang di dalam Perusahaan 

Seorang Brand Manager sebaiknya punyai kebolehan di dalam berkomunikasi dan bekerja bersama dengan berbagai macam departemen, layaknya departemen pemasaran untuk menegaskan bersama dengan pas setiap faktor dari langkah merek. 

Brand Manager termasuk perlu menjalin kerja serupa bersama dengan departemen lain seperti:

Departemen keuangan

Departemen komunikasi pemasaran

Departemen penjualan

Departemen pengembangan product 

Ini untuk menegaskan tinjauan strategis usaha dan peluang pasar di jaman yang bakal datang.

 

3. Berkoordinasi bersama dengan Berbagai Biro atau Agensi Pemasaran

Ketika berkoordinasi bersama dengan agensi pemasaran (marketing) dan periklanan, Brand Manager menegaskan bahwa marketing agent bisa menjunjung target dan pedoman brand di setiap komunikasi di dalam sistem pemasaran.

 

4. Fokus pada Konsumen

Brand Manager sebaiknya bisa memanfaatkan riset costumer dan memantau tren pasar.

 

Oleh dikarenakan itu, memahami target pasar dan termasuk target pasar potensial adalah kuncinya. 

Ketika melaksanakan riset costumer dan memantau tren pasar, tanyakan hal-hal berikut:

Apa reaksi costumer pada kampanye pemasaran? 

Apa yang di-posting pada media sosial dan bagaimana penduduk mengulas brand tersebut?

Bagaimana Brand Manager mengelola atau memantau sistem ini?

 

5. Membuat Keputusan Bisnis yang Penting

Rupanya, Brand Manager termasuk bisa memainkan peran mutlak di dalam tim manajemen senior pas menambahkan umpan balik dan pemikiran berkenaan kegiatan brand utama. 

Sebagai contoh, laba atas investasi apa yang keluar dari kampanye tertentu? Apa yang berhasil bersama dengan baik untuk product tertentu dari brand tersebut dan pelajaran apa yang bisa dipetik dari feedback yang diperoleh? 

Selain itu, Brand Manager menopang menambahkan masukan untuk kegiatan di jaman yang bakal mampir dan menambahkan masukan untuk menopang menopang langkah dan arah perusahaan.

Kebanyakan Brand Manager di suatu perusahaan menunjukkan bahwa posisi ini merupakan posisi yang cukup krusial. Hal ini dikarenakan Brand Manager yang bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh sistem kreatif.

 

By roket